Thursday, March 25, 2010

Mini Office Accounting Lab (MOAL) #2

Ini kisah lanjutannya..

Pertemuan Pertama

Pembagian kelompok. Bebas memilih teman sekelompok. Berhubung saya sudah digoda oleh beberapa orang untuk sekelompok, akhirnya pencarian teman sekelompok menjadi mudah (haduh… ge-er^^). Siapa yang jadi ketua, otomatis jadi Presdir. Dalam hal ini salah satu sobat saya yang kami tunjuk (dengan tega dan semena-mena) untuk jadi Presdir (berhubung kami sudah tau bagaiman ‘gilanya’ jadi Presdir fiktif. Maaf ya….. ^^). Kami sudah diminta untuk menjelaskan secara garis besar mengenai perusahaan fiktif apa yang akan dibuat, beserta struktur organisasi nya, juga visi dan misi nya. Apapun yang bisa dijelaskan deh…

Pertemuan Kedua

Kami sudah diminta menjelaskan mengenai sales budget :D really exciting, guys. Untung ada template… tinggal masukin angka-angka yang menggila itu… dan yang harus benar-benar diingat adalah : USD 990 billion. Ooppss gak hanya itu, itu baru hanya untuk departemen keuangan. Bagaimana dengan yang lain? Ya, ya… untuk produksi sudah bikin diversifikasi produk, harga, ukuran, bahan baku, vendor dll. Untuk marketing sudah tau mau dipasarkan ke mana dengan harga berapa. Untuk dept legal sudah harus bikin akta perjanjian. Huehue….oya lupa, untuk HRD yang dalam perusahaan ini disebut HR&GA (human resource and general affair) harus sudah punya struktur organisasi beserta nama, dan job desc nya. (masih ringan…presentasi masih pakai power point, kecual sales budget yang pakai excel)

Oya yang paling unik di sini adalah perusahaan kami belum menghasilkan produk, sudah punya ISO. Ahaha…. Dasar manager dept legal, lagi kerajinan bikin sertifikat fiktif ISO :p

Pertemuan Ketiga

HPP dan IRR udah harus ketemu. Thanks to CFO and FAM (financial accounting manager) fiktif kami, yang sudah berpusing ria mengumpulkan transaksi (fiktif) satu tahun, untungnya untuk pertemuan ketiga ini belum wajib ada angkanya. Tapi gak taunya saat presentasi yang diminta bukannya transaksi, tapi minta detail pembetulan sales budget seblumnya. Walah…. Dan untuk dept HR&GA, saya sudah membuatkan nominal gaji, tunjangan, THR, untuk seluruh jajaran direksi dan manajemen, termasuk buruh dan karyawan. Juga sudah itung-itung tentang asuransi (lagi niat). Walau ternyata nominal-nominal tersebut di belakang akan banyak revisi. At least kita mencoba menampilkan our best saat itu.

Presentasi mulai tidak lagi memakai format ppt, tapi udah xls yang penuh dengan link antar sheet ^^

Pertemuan Keempat

Penghitungan pajak. Khusus pajak. PPN, PPnBM, PPh Badan, PPh 21, dll….
Yang paling ribet adalah PPh 21. Pusing….. (saya tidak banyak terlibat di sini, kecuali dalam hal penentuan dan konfirmasi upah dan gaji. Terima kasih kepada teman-teman yang memegang perannya dengan sangat baik)

Pertemuan Kelima



ALL ABOUT SOP. Nah…. Saya paling pusing di sini dibandingkan di bagian lainnya. Bagaimana tidak? Secara gak langusng saya bertanggungjawab bikin SOP untuk seluruh departemen, SOP sistem, juka SOP umum. Pelan-pelan saya bikin…. Tapi untuk urusan DFD atau Flowchart, saya ‘relakan’ masing-masing dept saja yang bikin, toh saya sudah revisi narasi nya. Hehe…. SEMANGAT KAWAN!!.

Karena teman-teman sekelompok punya kesibukan yang beragam, demikian saya, maka kita komunikasi lewat Yahoo Messenger. Cool !!! kalau ada apa-apa, tinggal chat. Kalau pengen nangis, tinggal kirim emoticon nangis. Kalau ‘maksa’ tinggal ‘buzz’, kalau pengen teriak-teriak, tinggal pakai ‘capslock’. Terlebih lagi sending file atau email notif nya bisa langsung muncul.

Ya ya…. Ini sangat penting. Bagaimana tidak? Kegiatannya tuh begini : saya kirim SOP ke seluruh jajaran manajemen – revisi dari masing-masing dept – chat – debat – ketawa – nangis – keluhan – edit SOP oleh mereka – kirim balik ke saya – saya edit lagi – chat lagi – saya kirim ke departemen lagi – revisi lagi – chat – dikirim lagi ke saya hasil editan – chat – saya reiview dan edit lagi yang ‘aneh2’ – chat – dikirim lagi – chat – konfirmasi ke Presdir – lewat chat juga- udah mulai pada OK – mulai terasa capek – sign out. ~sigh~

Paling bingung klo ‘anak-anak’ udah pake emo nangis dan nge’buzz’.

Gyaahahahahaha…. Ribet memang saat itu, tapi beneran deh: Seruuu !!!!!!!!

Pertemuan ke-6

(Selasa depan). Ini akan tentang dokumen atau form yang harus ada di perusahaan.

NB: miris juga baca blog teman, yang saat sibuk urusin MOAL tapi tetap ada yang
merhatiin pola makan, sampe makan disuapin bundanya. Mami… mau juga dong disuapin..sibuk gini.. (sampe kelas dua SMP sarapan masih disuapin, selanjutnya, jika dibutuhkan akan disuapin ^^ )

(to be continued)

0 comments:

Post a Comment