Wednesday, March 24, 2010

Mini Office Accounting Lab (MOAL) #1

Semua mahasiswa jurusan akuntansi yang seangkatan sekarang sedang mengambil mata kuliah ini. Mata kuliah ini sangat menarik terlebih bagi mahasiswa yang berniat menjadiseorang entrepreneur nantinya. Dalam mata kuliah ini kita belajar (no, bukan belajar, tetapi praktek langsung) membuat perusahaan (fiktif tentunya) dimulai dari nol, dengan transaksi keungan dan kegiatan operasional selama satu tahun (enaknya tahun fiscal).

Dosen kami, yang merupakan Ketua Jurusan Akuntansi, bapak Rene Johannes, mensyaratkan kami untuk membuat kegiatan operasional usaha kami yang menghasilkan laporan keuangan dengan income akhir tahun minimal US$ 990 billion. Siiipppp….. fiktif kok :D

Nah, dimulailah dunia khayal kami. Dunia ekonomi. Dunia bisnis. Dunia persaingan. Catatan : ini masih fiktif.

Untuk semua kegiatannya, kecuali marketing dan produksi, harus nyata. Uangnya sih juga fiktif dong ya… tetapi dokumen-dokumen pendukung kegiatan usaha benar-benar harus ada. Real. For sure. For instance : sertifikat, struck, SOP, struktur organisasi, surat setor dari bank, voucher, dll.

Jangan heran, itu memang harus ada, diisi oleh kami, dan kemudian nanti harus dikumpulkan. Bahkan nama buruh fiktif beserta kartu gaji nya juga harus ada, termasuk SPT nya. That’s really a cool study.

Untungnya satu kelas dibagi menjadi 5 kelompok, dan satu kelompok paling banyak beranggotakan 8 orang. 8 orang tersebut kemudian diperbolehkan secara aklamasi menunjuk siapa yang menjadi : presdir, CFO, CMO, HR&GA, produksi, pemasaran, dan departemen lainnya yang dibutuhkan sesuai usaha fiktif yang dijalankan. Perlu dicatat: ada 3 usaha yang diperbolehkan : Rumah Sakit, Hotel, dan Manufakturring.

Untuk simpelnya, kelompok saya mengambil usaha manufacturing minuman sehat, seperti susu, yoghurt, jus,dll. Menurut kami ini sudah yang paling simple, tidak seperti hotel yang merupakan campuran antara jasa dan manufacturing. (ckckckck). Kami beri nama perusahaan kami : PT Meyver Indonesia. Meyver berasal dari bahasa Turki, Meyve, yang artinya buah. Kenapa ditambah ‘er’?? karena dalam bahasa Inggris imbuhan ‘er’ cenderung diartikan pelaku. Well…. Jadinya meyver yang kami maksud adalah ‘penggila buah’. Haha….

Para meyver : saya, titut, lily, kikoy, onya, amy, icha dan indah – akan menjalankan hari-hari menyenangkan penuh kenangan, bersama, selama satu semester.

Bagusnya, kami punya idealis yang sama, yaitu “ gak ada bolos kuliah, gak ada bolos kerja atau magang, gak ada begadang, hanya demi ngerjain MOAL”. Alhasil kami tetap kulaih sesuai jadwal masing-masing. Tetap magang/ kerja sesuai aktifitas.

Well done !!

(to be continued)

3 comments:

Maulida said...

gw juga mau bikin tentang ini el,
tapi masih belum terbit sih, haha good post, amazing!!

Elsha said...

thanks molen... ini baru part 1. nanti akan dijelasin ttg tiap pertemuan :p
ditunggu ya kisah molen juga

Anonymous said...

amazing.......

i never seen this wonderfull article before..
keep posting gan...

Post a Comment