Wednesday, April 07, 2010

Kisah Telur Columbus

Ada sebuah artikel, tepatnya sebuah blog yang inspiratif mengenai perjuangannya bisa menjadi sukses seperti sekarang, dan bisa menjadi se-famous sekarang. Yaitu kisah tentang Aburizal Bakrie (Pak Ical). Pada akhir cerita, beliau bercerita perihal telur Columbus yang kurang lebih ceritanya adalah saat itu Columbus dan teman-temannya menghadiri sebuah pertemuan, jamuan makan malam. Salah seorang di sana sempat melecehkan Columbus atas pengakuannya menemukan 'dunia baru', dan mengatakan bahwa mereka pun bisa melakukan hal yang sama. Columbus pun menantang mereka untuk mendirikan sebuah telur tanpa memegang telur tersebut. Semuanya mencoba, tetapi tidak satupun berhasil.

Kemudian Columbus pun memberitahu jawabannya dengan memecahkan sedikit kulit telur bagian bawah, sehingga telur tersebut bisa berdiri tegak tanpa harus dipegangi. Columbus pun berkata
"hal yang paling sederhana di dunia. Setiap orang dapat melakukannya setelah orang itu ditunjukkan caranya"

Moral Value :

  1. Penemuan adalah sesuatu yang baru, yang belum dilakukan, ditemukan, dijamah oleh siapapun (bisa jadi sudah dijamah, tetapi si penjamah tidak menyadari bahwa itu penemuan)
  2. Untuk menemukan sesuatu, manusia harus berpikir, dan mengubah sudut pandang, mengubah persepsi
  3. Setiap masalah selesai jika kita mengubah sudut pandang (Maryamah Karpov ~ Andrea Hirata)
  4. Never underestimate others :)

2 comments:

Amikimoy said...

wah yg nomor 3 itu inspiring bgt emang, lagi nulis itu juga, tapi masih belum terbit juga, heheh ga terbit2 mulu deh :D

Elsha said...

ayo diterbitin, len. dtunggu your inspiring post selanjutnya :)

Post a Comment