Saturday, April 03, 2010

Sumber Penyakit Hati

Beberapa hari yang lalu di kantor, Direktur Utama tempat saya magang berkata bahwa beberapa hari sebelumnya beliau mengikuti sebuah kajian keagamaan, dan dikatakan oleh ustadznya bahwa penyakit hati itu banyak sekali sumbernya, dan sebenarnya sumber penyakit hati paling utama itu bukanlah harta, tetapi masih ada tiga urutan sebelumnya, jadi urutan-urutannya antara lain :

1. Karena amal ibadah
2. Merasa paling benar
3. Melecehkan orang lain
4. Harta

No 1 lebih mangacu kepada sifat riya, pamer. Seharusnya seseorang yang semakin tahu, akan semakin tawadhu’. Memegang prinsip ilmu padi. Bagaimana jika pamer? Itu justru memperkeruh amalan-amalan baiknya. Naudzubillah. Sudah ‘tahu’ kenapa seperti orang yang tidak fahim? awam pun tidak…

Poin ke 2?? Kalau seseorang sudah merasa paling benar, sempurna, di mata nya semua orang memilki penyakit. Ujung-ujungnya akan bergunjing, kemudian diakhiri dengan dengki. Astaghfirullah..

Melecehkan orang lain adalah lanjutan dari poin ke 2

Harta. Tidak perlu disangkal lagi. Tidak perlu banyak uraian mengenai ini, karena contohnya ada dimana-mana, di sekitar kita. Dari yang namanya sifat sombong, kemudian menimbulkan kecemburuan sosial, merasa tersaingi… dan lain sebagainya.

Kawan, hati-hati dengan hati kita ya

0 comments:

Post a Comment